Sama-sama belajar. Sama-sama berbagi.

Friday, December 6, 2013
Berlangganan

Irman Gusman: Membangun Indonesia dari Daerah

Irman Gusman
Irman Gusman
Berpredikat sebagai politisi senior tanah air, Irman Gusman yang pada saat ini menjabat sebagai ketua DPD RI memiliki keinginan untuk membangun Indonesia di masa yang akan datang. Lelaki yang mengenyam pendidikan Master of Business Administration (MBA) pada tahun 1988 dari Graduate School of Business, University of Bridgeport, Connecticut, USA ini terlihat mencurahkan perhatian dan upayanya guna memajukan Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI). Dengan dedikasi guna kemajuan di daerah-daerah, beliau dikabarkan sangat ingin mempercepat pembangunan di daerah-daerah dan segera konsisten dengan pemikiran dan keinginan luhurnya memajukan dan membangun Indonesia dari daerah.

Seperti pemikiran-pemikiran Irman Gusman terhadap perubahan pada sistem ketatanegaraan bangsa Indonesia, beliau juga sempat mencurahkan gagasan-gagasannya pada buku biografinya yang berjudul "Jiwa yang merajut Nusantara". Dalam hal ini, Irman Gusman pernah menyatakan bahwa beliau sangat menunggu saat-saat di mana ia memiliki kesempatan guna memaparkan pemikiran-pemikirannya akan usaha-usaha dirinya memajukan bangsa Indonesia di depan orang-orang yang sebagian besar pesertanya adalah para akademisi. Membuat biografi mungkin adalah salah satu cara Irman Gusman untuk menyebarkan cita-cita dan agar keinginanya tetap didengar oleh khalayak. Seperti kutipan yang pernah ia tegaskan, "Saya besar di daerah dan apa yg saya perjuangkan selama ini  membangun dari daerah. Semoga apa yang telah saya lakukan selama ini berkenan di mata masyarakat,".

Konsistensi dalam mewujudkan Indonesia adil dan merata mungkin tidak akan pernah bisa diraih jika keinginan itu hanya sebatas sebuah keinginan. Dengan itu, Irman Gusman dengan keyakinannya bahwa sebagian besar perwakilan dari semua daerah akan turut serta memberikan dukungan terhadap beliau maka ia pun bukan sekali dua kali mengunjungi saudara-saudaranya di daerah untuk meminta dukungan moril. Menindaklanjuti semangat untuk membangun daerah, Irman Gusman menyatakan bahwa untuk mewujudkan itu perlu adanya stabilitas perekonomian. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan memajukan sektor pertanian. Tentunya, majunya sektor pertanian adalah perwujudan kedaulatan di bidang pangan.