Sama-sama belajar. Sama-sama berbagi.

Saturday, November 22, 2008
Berlangganan

Menampilkan Code HTML di postingan

Malam minggu... Saya sudah nggak tahu lagi rasanya "Saturday Nite". Ihik...
Abis baca2 tentang kopi daratnya blogger2 Tanah Air yang bertajuk "Pesta blogger" yang diadakan di Auditorium Gedung BPPT II lantai 3 hari ini, akhirnya saya memutuskan untuk membuat postingan saja. Saya mau menambahkan postingan tentang Favicon kemarin, karena beberapa kendala sempat saya temui hanya untuk membuat satu postingan itu saja (dasar Newbie...).
Kendalanya yaitu saat saya ingin memasukkan code-code HTML ke dalam postingan. Karena nggak mudeng saya dengan santai dan pede nya langsung memasukkan code2 HTML itu di dalam postingan. Ternyata code2 itu lenyap dan tidak kasat mata seolah2 nggak mau diajak kerjasama sama saya untuk menambahkan satu buah postingan lagi. Konon, apabila mau memasukkan code2 HTML ada cara tersendiri agar code2 itu mau dikawinkan dengan text biasa.
Sahabat Newbie, mau tahu caranya?
Pada saat kita akan memasukkan code2 tersebut kita harus mengganti option pengeditan dengan menggunakan "Edit HTML" terlebih dahulu, tidak lagi dengan "Compose". Kita juga harus menutup code2 tersebut dengan menggunakan tag <code> dan </code> juga selain itu harus mengganti karakter2 HTML tersebut. Contohnya saya ingin memasukkan code berikut:
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Maka hasilnya setelah diganti karakter2nya dan ditambahkan tag <code> dan </code>akan menjadi seperti ini:

<code>
&lt;b:include&nbsp;data='blog'&nbsp;name='all-head-content'/&gt;
</code>
Untuk karakter2 pengganti HTML-nya saya buatkan tabelnya di bawah ini dan saya menggunakan Google Docs untuk membuat screenshot-nya, karena ada beberapa blog yang bilang di Indonesia Google Docs jarang digunakan (Kenapa jarang digunakan? Saya juga tidak tahu. Apa mereka tidak tahu seperti saya yang baru tahu? Atau mereka malah males menggunakannya karena masih ada software yang lebih familiar buat mereka), oleh karena itulah saya mencoba menggunakannya (lagian di kompi linux yang saya gunakan spreedsheetnya belum begitu familiar buat saya).
Kalau mau yang lebih mudah dan nggak mau pusing tinggal pake Fasilitas Converter saja, ya. Selamat mencoba...