Sama-sama belajar. Sama-sama berbagi.

Friday, November 14, 2008
Berlangganan

Share Referral Link Lewat Message Friendster

Apa yang biasa dilakukan apabila anda mempunyai referral link baru? Anda akan men-share-nya bukan? Referral link biasanya terdapat ID referral anda di belakang nama domain situs. Contohnya: http://xxxxxxxxx.com/signup.php?refid=12345, http://xxxxxxxx.com ini adalah nama domain tempat anda mendapatkan referral link, dan 12345 adalah contoh ID referral anda. Anda bisa men-share-nya dengan berbagai cara.
Dengan menggunakan link pada saat anda membuat postingan di blog anda atau juga menyisipkannya di dalam banner yang anda buat, ada juga banner yang sudah dibuatkan untuk account anda di berbagai situs yang menyertakan program referral, jadi anda tinggal menyisipkan script-nya di halaman HTML anda, script ini biasanya sudah terdapat ID referral anda di dalamnya.
Saya punya pengalaman menjengkelkan men-share referral link menggunakan message di account friendster saya. Biasanya refferal link itu sedikit agak panjang seperti contoh di atas. Saya sebelumnya membuat review terlebih dahulu tentang program yang bersangkutan, cara2 mendaftar juga cara2 copas (copy-paste) script iklan ke dalam blog dan profile friendster (kebetulan script iklan ini bisa digunakan pada profile friendster jadi yang tidak punya blog masih bisa ikut berjuang lewat halaman profile friendster-nya untuk medapatkan uang tambahan). Setelah selesai membuat review yang sebelumnya saya tulis di notepad, kemudian saya copas ke field message di friendster lalu saya kirimkan ke semua orang yang ada di contact list. So, kegiatan selanjutnya adalah tinggal menunggu seberapa banyak orang yang akan tertarik untuk join.

Setelah beberapa saat kemudian saya membuka account friendster adik saya yang kebetulan saya tahu email dan passwordnya. Saya langsung menuju TKP, inbox message, ketika saya baca ternyata referral link saya terpotong, jadi nomer ID refferal link saya tidak semua berbentuk link. Contohnya begini: (saya tidak menyertakan screenshot karena friendster.com lagi nggak bisa di-access) http://xxxxxxxx.com/signup.php?refid=12....5. Nah, yang warna merah itu adalah link yang kalo diklik itu akan langsung membuka browser baru. Sialnya, angka 5 di belakang nya tidak gabung jadi satu keutuhan membentuk link, jadi apabila diklik referral ID nya menjadi http://xxxxxxxx.com/signup.php?refid=1234, jelas sekali ini adalah ID referral orang lain. Saya kontan langsung mengambil tindakan untuk mengirim kembali message lewat account FS saya, dan memperpendek referral link-nya menjadi hanya: xxxxxxxx.com/signup.php?refid=12345 tanpa http:// atau W3. Cara ini terbukti ampuh, tapi orang yang saya kirimi message harus meng-copas-nya saja terlebih dahulu. Pengalaman ini semoga membantu anda yang juga suka megirimkan referral link-nya lewat situs social community. Maklum masih newbie, jadi, ya anggap tindakan newbie ya...
Yang mau ikutan program yang saya ikuti tinggal menuju ke TKP.